Karya kriya Batik : Batik Semarang Etnic N Natural Dying

Tahapan Paling Seru Saat Proses Pembuatan Ecoprint

Dalam proses pembuatan Ecoprint memerlukan beberapa tahapan,namun part yang paling seru adalah saat menata dan merangkai daun ataupun bunga diatas kain seperti gambar dibawah ini.

Proses Penataan Pada Kain Untuk Membentuk Motif Unik, itulah mengapa setiap potong kain Ecoprint memiliki motif yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Keunikan lain dari metode Ecoprint, motif kain tidak dapat ditiru atau di duplikasi walaupun sudah menggunakan teknik,cara penataan dan proses yang sama.


Dedaunan dan Bunga yang disusun diatas kain dalam pembuatan Ecoprint ialah memunculkan motif alami yang sama persis seperti bentuk daun/bunga segar yang ditempelkan.


Setelah itu dedaunan yang telah ditata apik tersebut, selanjutnya akan ditumpak satu atau dua layer kain dengan dasar kain yang udah dicelupkan kedla larutan tawas/tunjung/rendaman air teh/air seduhan kopi untuk menghasilkan warna dasar yang berbeda-beda


Dari potongan proses pembuatan  Ecoprint ini, selanjutnya masih ada beberapa tahap seperti proses steam yang memerlukan waktu yang cukup lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.