Karya kriya Batik : Batik Semarang Etnic N Natural Dying

Ini Alasan Mengapa Kaum Millenial Tetap Modis Mengenakan Ecoprint & Shibori

Kawan, Kalian udah tau tahu belum tentang seni kriya Ecoprint dan Shibori??  tahu gak sih kalau sekarang ini lagi hype banget style outfit yang menggunakan motif Ecoprint dan juga Shibori? 

Ada yang masih asing nih mendengar tentang kain Ecoprint dan Shibori. yasudah mimin akan sedikit menjelaskan secara singkat tentang apa itu Ecoprint dan Shibori. 

Pertama, mimin akan bahas apa itu kain Ecoprint. Ecoprint adalah salah satu dari jenis seni kriya dengan memanfaatkan dedaunan serta bunga-bunga segar untuk menghasilkan motif cantik nan unik yang dibuat diatas kain. Terdapat 2 tehnik yang bisa digunakan untuk menghasilkan kain dengan motif Ecoprint, yaitu menggunakan teknik pounding caranya daun serta bunga dipukul-pukul terlebih dahulu diatas kain supaya warna serta motif seratnya keluar dan menempel pada kain, kemudian ada juga pengrajin yang menggunakan teknik steaming caranya daun ataupun bunga yang akan dijadikan moif harus ditata terlebih dahulu diatas kain, kemudian dilipat dan digulung rapi selanjutnya harus dikukus kurang lebih 4jam supaya warna dan motifnya menempel pada kain.

Motif yang dihasilkan dari kain Ecoprint sangatlah berbeda antara sau dengan yang lain, keunikan ini yang menjadikan Ecoprint sangat istimewa dan cocok untuk dijadikan kiblat fashion bagi kaum millenial. Banyak sekali mode fashion lainnya yang bisa dibuat menggunakan kain ini seperti outer, cardigan, set setelan atasan dan bawahan, Hem pria dan masih banyak model lain. Oke itulah sedikit penjelasan mengenai Kain Ecoprint selanjutnya mimin mau membahas apa itu Kain Shibori?

Kain Shibori merupakan kain “Batik”  yang berasal dari Negeri Sakura (Jepang). Shibori adalah sebuah teknik pelipatan dan pencelupan pada kain. Teknik ini juga serupa dengan teknik Tie Dye yaitu melindungi beberapa blok kain dengan cara diikat celup supaya tidak terkena pewarna. Dalam pembuatan kain Shibori kalian dapat memilih teknik seperti mengikat, melilit, melipat kain dan kemudian mencelupkannya pada warna Indigo.

Beberapa alasan mengapa mode pakaian sekarang ini banyak menggunakan kain Shibori adalah Motif yang dihasilkan juga sangat unik dan bernuansa ethnic, jadi tidak heran jika dalam dunia fashion saat ini khususnya di Negara kita Indonesia sangat menggandrungi kain Shibori sebagai bahan pembuatan pakaian yang stylish dan fashionable, Kain Shibori disulap menjadi model pakaian formal maupun santai dan cocok pula dikenakan oleh kaum millenial agar tetap terlihat modis dan nyaman saat dikenakan. 

Kelebihan lain dari kain Ecoprint dan Kain Shibori yang di produksi oleh tim Karya Kriya Batik adalah menggunakan bahan-bahan pewarna alami yang aman dan nyaman.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.