Karya kriya Batik : Batik Semarang Etnic N Natural Dying

Suasana Seru Saat Melaksanakan Pelatihan Membatik Bersama “Enjoy”

Seperti inilah potret kekompakan tim karya kriya batik dan SABARA saat melewati tahap-tahap membuat Ecoprint, wajah gembira terlihat jelas pada raut wajah ibu-ibu cantik ini.

Semua anggota melewati setiap prosesnya dengan penuh semangat. Pertama adalah menyiapkan bahan & alat yang akan digunakan, menyiapkan rendaman tawas atau air kapur yang akan digunakan untuk proses pewarnaan kain dasar, merangkai daun serta bunga untuk ijadikan motif Ecoprint, melakukan proses steam yang membutuhkan waktu berjam-jam, menyiapkan rendaman air tawas/rendaman air tunjung/rendaman kayu secang/air teh/air kopi yang akan digunakan untuk proses pencelupan dan warna yang dihasilkan benar-benar alami.

Pelatihan yang diadakan oleh tim karyakriyabatik tidak monoton hanya sekedar memberikan materi saja, kita akan belajar bersama-sama, menjelaskan tentang teori dan materi mengenai pewarna alami, saling tanya jawab sehingga diharapkan materi yang diberikan tersampaikan  dengan jelas.

Hal utama sebelum melaksanakan kegiatan pelatihan, tim dan para anggota pelatihan memiliki kesepakatan untuk saling berkomunikasi dengan baik dengan sesama anggota pelatihan. Upaya ini kami lakukan untuk menumbuhkan rasa solidaritas serta menjalin kerjasama dengan baik supaya suasana pelatihan menjadi Enjoy dan berkesan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.