Karya kriya Batik : Batik Semarang Etnic N Natural Dying

Mengenal Bebagai Macam Jenis Batik

Mengenal Jenis-Jenis Batik di Indonesia

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, batik merupakan sebuah seni menghias diatas kain dengan melalui beberapa proses yang harus dilalui. 

Pada saat ini batik memiliki banyak ragam, jika dahulu kala hanya ada batik tulis sebagai pakaian tradisional, Namun  seiring berkembangnya zaman dan teknologi saat ini batik banyak dimodifikasi oleh para designer-designer untuk menciptakan sebuah mode pakaian yang lebih modern.

 

Cara Membedakan Ciri Batik Modern & Batik Tradisional

Banyak sekali jenis batik yang ada dipasaran, dari mulai batik tulis, batik cap, batik printing dan masih banyak yang lainnya. Simak cara membedakan ciri-ciri dari batik tradisional dengan batik modern dibawah ini:

  • Ciri-Ciri Batik Tradisional
  1. Coraknya memiliki makna simbolik, biasanya corak atau motif yang digunakan terdapat corak pagoda, ular, geometrisdan barong.
  2. Corak batik setiap daerah berbeda-beda, motif batik tradisional memiliki ciri khas daerah asal.
  3. penggunaan warna biasanya memakai warna-warna yang cenderung gelap dan warna netral, seperti: hitam, coklat, coklat kehitaman dan putih.
  • Ciri-Ciri Batik Modern
  1. Motif atau corak tidak memiliki makna yang khusus, biasanya batik modern memiliki corak seperti: tumbuhan, rangkaian bunga, abstrak dll
  2. Batik modern biasanya menggunakan warna bebas, warna soft dan cerah

Macam Jenis Batik

Batik Tulis

Batik tulis adalah jenis batik yang pembuatannya masih dengan cara tradisional. Dalam pembuatan batik tulis pengrajin membutuhkan alat serta bahan seperti: canting dan malam yang dicairkan. karena pembuatannya masih manual yaitu dengan cara dilukis mengguakan tangan maka Ciri khas dari batik tulis adalah setiap kainnya memiliki motif yang tidak bisa sama persis seperti kain lainnya.

Batik Cap

Batik cap adalah batik yang proses pembuatan motifnya menggunakan alat cap atau stempel yang terbuat dari tembaga, alat cap ini fungsinya sebagai pengganti canting. Kelebihan dari batik cap ialah proses pembuatannya lebih cepat dan rapi serta hasil motif setiap kainnya sama satu dengan yang lain.

Batik Kombinasi

Batik kombinasi merupakan hasil perpaduan dari tehnik batik tulis dan tehnik batik cap. Jadi dalam 1 kain terdapat dua jenis batik, jenis batik ini biasanya digunakan untuk mengurangi kelemaha pada produk batik cap.

Batik Printing

Batik printing juga biasa disebut dengan batik sablon, pembuatan batik jenis ini lebih mirip dengan tehnik penyablonan. Tehnik batik printing mempunyai kelebihan untuk efisiensi dan mempersingkat waktu produksi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.